Sabtu, 28 Juli 2012

Motivasi Bagi Guru Sekolah minggu

" Lalu orang membawa anak-anak kecil kepada Yesus, supaya Ia menjamah mereka; akan tetapi murid-murid-Nya memarahi orang-orang itu.
Ketika Yesus melihat hal itu, Ia marah dan berkata kepada mereka: "Biarkan anak-anak itu datang kepada-Ku, jangan menghalang-halangi mereka, sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Allah. Markus 10:13-14 "



Tuhan tidak pernah membedakan anak-anakNya di dalam dunia ini. Apakah dia seorang wanita, laki-laki, tua atau muda kaya atau miskin. Kasih Tuhan sama untuk setiap umatNYa. 

Dan di zaman ini saya percaya Tuhan akan bangkitkan anak-anak kecil yang sering kita bilang anak-anak  sekolah minggu untuk menjadi penyalur kuasa yang besar lewat doa. Tuhan akan pakai anak-anak untuk menjadi pendoa syafaat. Menjadi tembok yang kokoh dalam kerajaan Allah.

Jadi bagi saudara yang melayani menjadi guru sekolah minggu berbahagialah sebab saudara sedang mempersiapkan prajurit-prajurit Tuhan yang siap untuk berperang. Pelayanan Guru sekolah minggu bukanlah pelayanan yang murahan atau pelayanan no 2 .... !! ini adalah pelayanan yang sangat penting !! Sebab kita sedang menanmkan benih kebenaran Ilahi kepada anak-anak. Kita tidak tahu kalau anak-anak yang sedang kita layani suatu waktu nanti menjadi orang yang membawa pengaruh yang baik di masa depan !!

Terkadang kita mengalami suatu situasi yang memang kita sulit untuk melayani Tuhan di bidang ini. Kita mengahadapi banyak masalah dalam pelayanan seperti anak yang hiper aktif, anak yang berantem, anak yang nangis, anak yang pendiam dan masih banyak lagi. Mungkin terkadang ada orang tua yang mengkomplain kita akan hukuman yang kita berikan kepada anak-anak mereka. Ini adalah hal yang sudah sering terjadi di dalam pelayanan anak. Tetapi ingat kata-kata saya sebelumnya, kita sedang mempersiapkan prajurit-prajurit Allah yang siap untuk berperang !! 

Rumus dalam pelayanan anak-anak adalah : "muka badak tetapi hati suci" kita mungkin nanti akan melakukan hal-hal yang dianggap orang lain gila .... Tapi ingat "muka badak hati suci" kita harus mau melakukan apapun demi kebenaran Ilahi tertanam di dalam kehidupan anak-anak. 

Kesakisan : 

Ketika saya menerima Yesus sebagai Tuhan dan jurus'lamat pribadi. Saya mengatakan kepada Tuhan kalau saya mau melayani Tuhan. Saya berjanji akan menjadi hambaNya. Setelah saya mengatakan kepada Tuhan, Tuhan buka jalan di dalam kehidupan saya. 
Tuhan izinkan saya untuk belajar akan kebenaran Firman Tuhan selama 2 tahun. Selama saya menjalani study saya, saya terus berdoa kepada Tuhan kemana saya harus pergi dan dimana saya harus melayani. Tapi satu hal yang saya minta sama Tuhan : "Jangan taruhkan saya di dalam pelayanan anak !!" saya tidak suka dengan anak-anak !! setelah saya mengatakan seperti itu kepada Tuhan. Tuhan langsung bekerja, Ia memberikan suatu pelayanan yang luar biasa !! sama seperti apa yang saya minta. Dia memberikan pelayanan kepada saya apa yang saya tidak sukai !! "Pelayanan anak"  haleluya!!! Saya bingung kepada Tuhan, kenapa apa yang saya tidak suka Ia berikan kepada saya !! Saya terus bergumul di dalam doa saya ... "apakah ini pelayanan saya yang sesungguhnya ?" saya tidak suka dengan anak-anak .... saya tidak suka dengan anak-anak yang bandel .. saya tidak suka dengan anak-anak yang cengeng !! Tuhan lepaskan saya dari sini ( suara kedagingan ) saya mau melayani anak-anak muda !! 

Suatu hari dalam perjalanan saya menyembah Tuhan. Saya terus membangun huubungan dengan Roh Kudus  selama dalam perjalanan itu dengan berbahasa roh. Tiba-tiba Tuhan katakan di dalam hati saya,"Alan apakah kamu mau melayanai anak-anak 
muda ?  kalau begitu coba lihat siapakah orang-orang yang ada dalam kepengurusanmu? "layanilah mereka"  wow ... saya baru sadar ternyata hampir 
80 % orang yang membantu saya dalam pelayanan anak-anak adalah anak muda ... Saya mengerti mengapa Tuhan taruhkan saya dalam pelayanan anak-anak kepada saya. Ia ingin saya bukan hanya menanamkan kebenaran Ilahi kepada anak-anak sekolah minggu, tetapi juga untuk seluruh guru-guru sekolah minggu yang rata-rata adalah anak-anak muda. Saya menjadi lebih bersemangat lagi di dalam pelayanan, saya tahu ada suatu rancangan Tuhan yang luar biasa yang sudah Ia tetapkan di dalam kehidupan saya.  

Ketika saya mau mengikuti apa yang Tuhan inginkan, Tuhan mulai bekerja di dalam setiap pelayanan saya. Saya mulai melihat bagaimana Tuhan melawat setiap anak-anak sekolah minggu dan anak-anak muda. Kehidupan mereka mulai di ubahkan oleh Tuhan. Apa yang menjadi kebiasaan buruk yang ada di dalam kehidupan mereka perlahan demi perlahan Tuhan mulai kikis. Anak-anak yang belum mengenal kasih Tuhan dan belum menerima Yesus sebagai Tuhan dan jurus'lamat menjadi percaya haleluya !!

Pada akhir tahun 2011 Gereja kami mengadakan acara reatreat di puncak. Kami ingin merayakan Natal dan Tahun baru dengan suasana yang berbeda. Sebelum acara itu berjalan saya mengatakan kepada tim sekolah minggu yang ada,  bahwa kita akan mengadakan KKR sekolah minggu di acara reatreat itu. Mereka yang tergabung dalam tim itu menyetujui apa yang saya usulkan. Dan saya memberikan tugas kepada salah seorang guru sekolah minggu yang luar biasa untuk membawakan kebenaran Firman Tuhan, dan ia katakan : "iya saya siap !!"  . Tetapi jauh hari sebelum hari H teman saya yang seharunya bertugas menyampaikan Firman berkata kepada saya kalau ia tidak bisa melayanai sebab ia masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan. Saya mulai bergumul dalam doa, siapa Tuhan yang akan membawa Firman dalam KKR ini ? setelah lama berdoa Tuhan beri suatu beban di dalam hati saya untuk saya sendiri yang harus  membawakan Firman di dalam KKR tesebut, dan saya kataka kepada Tuhan "kalau saya siap". Selama berminggu-minggu saya berdoa, Firman apa yang harus saya sampaikan kepada anak-anak ... dan selama itu juga Tuhan belum berikan apapun di dalam hati saya. 

Tiba hari dimana kita harus melaksanakan KKR tersebut, Tuhan belum berikan kepada saya inspirasi cerita ! Oh God ... bagaimana ini ?? saya gak mau dikatakan tidak ada persiapan oleh rekan-rekan saya ... sebab saya sering menekankan kepada mereka untuk selalu ada persiapan .Tapi kali ini saya yang harus memakan kata-kata saya sendiri ... 
Sebelum acara dimulai kami seluruh tim berdoa kepada Tuhan, kami datang untuk menyembah Tuhan dan kamu rasakan bagaimana urapan Tuhan itu mengalir ketika kami sedang berdoa. 

Setelah selesai berdoa Roh Kudus berikan inspirasi di dalam hati saya, Roh Kudus buat suatu alur cerita drama kepada saya .. dan saya berkata kepada beberapa orang untuk mereka bermain drama. Kami mengadakan latihan sebentar sebelum KKR dimulai, kami mencoba drama yang sudah Tuhan taruhakan di dalam hati saya tanpa teks yang harus dibaca
Dan setelah latihan selesai akhirnya kami memulai acara kami, anak-anak yang hadir saat itu luar biasa banyaknya !! hahah wkwkw ( 20 orng anak-anak yang hadir ) 
salah seorang guru sekolah minggu berkata kepada saya untuk kita hanya mengadakan permainan saja, tidak usah ibadah sebab anak-anak yang hadir tidak banyak. Tetapi Tuhan taruhkan kasih yang luar biasa ketika saya melihat anak-anak yang hadir saat itu, dan Roh Kudus berkata "lanjutkan acara ini". Dan akhirnya saya memutuskan pada waktu itu untuk meneruskan ibadah. 

Praise and worship berlangsung dan disitu saya melihat bagaimana anak-anak yang begitu semangat dan antusias, mereka menari dan melompat buat Tuhan wow...  this is amazing !! Setelah Praise and Worship pemimpin pujian memberikan waktu untuk saya membagikan kebenaran Firman Tuhan. 
Sebelum Firman Tuhan, saya menampilkan drama singkat yang menyampaikan pesan untuk kita bisa mengasihi kedua orang tua kita lalu saya  meneruskan dengan berkotbah selama 10 menit sambil menampilkan video motivasi yang luar biasa ... Setalah itu Tuhan katakan kepada di dalam hati saya untuk mengajak mereka bernyanyi ...  saya mengajak mereka semua bernyanyi  "seperti bapa sayang anaknya, demikianlah Engkau mengasihiku, Kau jadikan biji mataMu, Kau berikan semua yang ada padaMu" dan apa yang terjadi ?? ketika kami bernyanyi dan menyembah Tuhan ... wow luar biasa hadirat Tuhan turun dan Tuhan menjamah setiap anak-anak yang hadir !!! mereka semua menangis  merasakan kasih Tuhan !! dan luar biasa lagi ada satu orang anak yang tertawa ketika melihat teman-temanya menangis... tetapi ia tidak menyadari kalau air matanya juga terus mengalir ketika ia menertwakan anak-anak yang lain.... haleluya !!

Dalam penyembahan tersebut Tuhan berkata melalui seorang teman saya untuk saya bardoa juga untuk guru-guru sekolah minggu yang ada disitu. Saya memanggil mereka semua untuk berdiri di depan untuk saya doakan. Dan ketika saya mulai menumpangkan tangan saya keatas mereka, pengurapan Allah turun menaungi saya. Saya merasakan seperti jubah yang saya kenakan !! mereka yang saya doakan rebah 
di dalam hadirat Tuhan .... haleluya !! 

Di akhir acara itu saya berkata kepada anak-anak yang hadir untuk mereka datang kepada orang tua mereka dan meminta maaf kalau mereka sudah tidak taat dan mematuhi orang tua mereka. Dan anak-anak itu menyetujui apa yang saya katakan kepada mereka selasai acara itu mereka berlari  datang dan meminta maaf kepada orang tua mereka !! haleluya!! Terobosan terjadi, ada pemulihan yang Tuhan kerjakan bagi setiap anak-anakNya . 
Saya berharap dengan kesaksia saya ini, bisa memotivasi setiap teman-teman untuk lebih semangat lagi di dalam pelayanan. Dan teman-teman mau memberikan yang terbaik di dalam pelayanan yang sudah Tuhan percayakan kepada teman-teman. Gbu :)

                                          Agape Kids

1 komentar: